Sedigit jelang seperempat 10 dekade


Sumber foto : Koleksi pribadi Andi Zuhaerini



24 tahun, sebentar lagi Rin. Apa artinya buatmu ? Masih sangat banyak yang perlu diperbaiki bersama. Hanya saja, satu hal yang selalu ingin kuucapkan. Apa itu ? Terima kasih tanpa batas atas semuanya yang telah kita lalui bersama. Susah, sedih, pahit, getir, bahagia. Semuanya telah kita lalui bersama. Akhir-akhir ini, saya sedang dalam proses recovery. Ada sedikit yang membatin di pikiranku, yang tidak seharusnya sih yaa. Entah, inikah pengaruh hormonal atau apalah. Hingga saya pada satu titik ingin menasehati diri pribadi *semoga menjadi nasehat untuk orang lain juga.

Jadilah dirimu sendiri,

Mau mengubah diri karena orang lain ? Ohh jangan ! Menjadi lebih baik boleh, dan harus memang. But i mean, kita tidak harus menjadi sosok orang lain karena ini ono. Misal saja sesimpel diri ini menyukai seseorang dan merubah dasar diri yang paling dalam karenanya. oh NO !
Diri kita ga pernah salah, namun ga selalu benar. hahahahaha selalu menjadi lebih baik dari ke hari lah pokoknya. Merasa lebih jelek dari orang lain ? Yaa, kamu juga lebih baik. Hanya saja fokus pikiranmu terlalu besar pada mereka di luar sana sehingga menutup lebih baiknya dirimu. Terlalu fokus melihat orang lain di luar sana, ga akan bikin kamu lebih maju. Namun sebaliknya. Ayo, jadi lebih baik.

Jaga hati,

Urusan hati ga sesimpel ngemut vitamin C IPI yes hahaha, urusan yang satu ini seringkali butuh menggejolak dengan diri sendiri. Memastikan hati tetap tenang, damai dan lapang, itu PR-nya !
Ini butuh waktu dan mengajari diri terus menerus. Sesimpel kamu merasa iri dengan kawanmu yang lebih sejuk di pandang mata. Bisa kau pastikan hatimu merasa sejuk karenanya?

Semua untuk diri sendiri, karena Allah, bukan popularitas

Allah udah ngasih amanah untuk kamu membagi sebanyak-banyaknya manfaat di muka bumi ini. Popularitas membuat terlena, sehingga apa-apa akan menjadi untuk orang lain. Ini benar nyata, coba tanyakan pada dirimu sendiri. Coba, pernah ga kamu mikir *saya baru mikirin ini juga kok*, kenapa yaa saya ngerjain ini? sebenarnya untuk apa? Untuk dapat pujian orang lain? Apa seremeh itu bahagiamu ? Apa memang semua harus menjadi baik karena orang lain mengatakannya baik? Tentu tidak ! Ayo, lakukan untuk Allah. Jadilah selalu bernilai di mata-Nya. Manusia hanya akan membuat kecewa *selalu*.

Ingat selalu kebaikan orang lain,

Kebaikan apa yang telah kamu lakukan hari ini ? Bilamana datang di lubuk hatimu rasa seperti disetrum ubur-ubur di ladang ubur-ubur dekat rumah Spongebob, maka ingatlah selalu kebaikannya atasmu. Karena menjadi lebih baik memang banyak ujiannya dan menjadi jahat pun bukanlah pilihan.

Punya prinsip, tahu membawa diri,

Pengen kemana, yaa disini, berarti ga kesitu dong yaa. Iyaap.. hidup ini butuh keputusan. Memilih kemana. Dan tentu dibutuhkan prinsip. Kamu ingin kemana ? Bukan hanya karena ikut arus kebanyakan. Selalu cari alasan mengapa kita harus melangkah.

Semua poin di atas adalah prosesku menujunya. Bukan hal yang mudah. Sulit iya. Namun kamu ga mungkin mati muda karena seremehnya perasaan yang ga jelas misalnya.
Gembirakanlah hati, nak ! Ini pesan dari bapak untuk anak perempuannya.




Komentar

Postingan Populer