5 Tips Atasi Pra Menstruasi



sumber : Cosmo Girl

Ketika kedatangan tamu bulanan, setiap perempuan tentu merasakan hal ini. Sejak telah disematkan gelar baligh atau baru gede hehe, setiap perempuan akan mengalami ini. Setiap bulan. Rutin. Selalu. Namun tidak semua perempuan mengalami senyamannya kondisi saat kedatangan tamu rutin ini, yaa sesimpel bisa tetap maju mundur di depan workspace dengan well mood. Belum lagi yang harus mengalami PMS (re : premenstrual syndrome ), apa harus semenyakitkan ini ? Bayangin, kalau seketika masa dunia dalam serba ketidakjelasan, kebingungan, hilang arah. Kamu pernah ngerasain itu juga ga saat masa PMS. Belakangan juga baru ngeh bener kalau udah kedatangan, eh ternyata kemarenan itu yang aku lebih cepat lelah, lebih sering ngomel ga jelas, tetiba baper ga jelas, pengen nangis sendirian, hahahaha pokoknya dunia dalam genggamanmu sendirian, orang lain semuanya jahat hahahahaha.. 

Menurut Alodokter, fase PMS adalah fase dimana lapisan dinding rahim makin menebal. Hal ini dikarenakan folikel yang telah pecah dan mengeluarkan sel telur, membentuk korpus luteum. Korpus luteum kemudian memproduksi progesteron yang membuat lapisan dinding rahim makin tebal. Jika tidak terjadi pembuahan, Anda akan mulai merasakan gejala PMS, seperti perubahan emosi yang lebih sensitif dan perubahan kondisi fisik, seperti nyeri pada payudara, pusing, cepat lelah, atau kembung. Selain gejala tersebut, korpus luteum akan berdegenerasi dan berhenti memproduksi progesteron. Dengan menurunnya kadar progesteron dan estrogen karena tidak terjadi pembuahan, lapisan dinding rahim akan luruh hingga menjadi darah menstruasi.

Nah, gimana ? Hehehe sudah selayaknya ini menjadi sesuatu yang perlu kita ketahui dengan seksama. Tak jarang ini menjadi pemicu kesalahpahaman di antara kita hahaha, tapi emang benar loh. Seringkali kesalahpahaman saya dengan teman yang sebenarnya remeh banget tapi berujung rasa ga enak ga jelas sehigga sepatutnya kita bisa menjadi lebih memahami bila ini terjadi pada teman kita juga. Selain itu agar menjadi lebih kenal diri. Ini sangat penting loh, mengenali diri sendiri adalah satu yang tak bisa lepas dalam sisi hidup kita bermanusia. Mengapa ? Karena belajar memahami diri modal untuk memasyarakat pula. 

Lantas, bila telah terjadi apa yang bisa kita lakukan ? Berikut tips-nya versi aku, mungkin ga berlaku buat kamu hehe, jadi ambil aja yang menurut badan kamu mengiyakan

1. Minum tablet tambah darah

Minum tablet tambah darah seperti Sangobion ini penting loh, sebagai cadangan zat besi buat kita menjalani hari-hari menstruasi. Aku baru belajar buat minum ini (minumnya sebelum menstruasi dan sesudah menstruasi juga kok) karena aku memang sering rendah HB. Selain itu, bekal buat kita di masa depan nanti saat proses melahirkan (agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rendah HB, kurang darah). Minum tablet tambah darah agar lemesnya ga berasa banget gitu kan yaa. Minum secukupnya aja, 1 hari se kaplet. Minumnya, senyamannya kamu aja, bisa di malam hari sebelum tidur atau selepas makan. Minumnya ga setiap hari, by condition, tergantung makanan yang aku makan dalam seharinya gimana. Kalau udah ngeh habis makan daging-dagingan dan sebangsanya, di-stop dulu tablet tambah darahnya. hehe itu sih kalau aku. 

2. Makan makanan bergizi

Ini penting nih, apalagi yang mengandung zat besi. Ga ada bedanya sih dengan makanan di hari-hari yang lain, tetap bervariasi kan tentunya. Apalagi pas kena menstruasi nafsu makan tetiba membeludak ga jelas, itu sih kalau aku. Ada juga yang tetiba ga nafsu makan. Semuanya tergantung dari penerimaan badan kita lagi. Karena setiap orang tentu berbeda. 

3. Banyak konsumsi air putih, yang anget yaa

Ga ada beda-nya dengan hari-hari biasa, sewajarnya memang tubuh butuh asupan air yang harus kita penuhi. Yaa, standar 8 gelas sehari yaa. Dianjurkan air anget. Soalnya kalau lagi dapet gitu, lebih cepat hausnya kan hahaha eh tips juga yaa, kalau lagi kena nyeri, keram dan sebangsanya, bisa masukin air anget di botol terus ditempelin di perutnya kamu hehe 

4. Makan/minum cokelat


hahahahaha kalau ini mah, favorit banget, cuma memang sih menurut para ilmuwan cokelat ini bisa memperbaiki mood yang sudah barang tentu selalu kita inginkan setiap saat. Konsumsi dalam batas wajar saja. Secukupnya. Menurut Wolipop Lifestylesepotong dark chocolate (dengan kandungan biji kakao 60% atau lebih) setiap hari selama haid dapat menahan nafsu makan. Selain itu, dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan serotonin, yang berguna memperbaiki mood Anda. Yaapp, dark chocolate yaa.


5. Lakukan hal yang menyenangkan

Ini salah satu yang menurutku perlu sih saat PMS atau pun tengah menstruasi. Buat semenyenangkan mungkin harimu, terlebih buat kamu yang telah bekerja. Well mood sangat dibutuhkan demi kelancaran kerjaan. hehe.. Lakukan hobi, makan makanan favorit, berjalan bersama pasangan, berkebun atau apapun itu. 

Done. Semoga 5 tips di atas bermanfaat yaa, ambil yang semenerimanya badan kamu yaa. hehehe
Baik, happy PMS yaa.. 😆

Komentar

Postingan Populer